EKONOMI KOPERASI
Nama : Elsa Dwi Utami
Kelas : 2 EA 21
Npm : 12212467
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013-2014
DAFTAR ISI
JUDUL PENULISAN............................................................................................. i
KATA PENGANTAR... ......................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................... . iii
BAB I
KONSEP ALIRAN DAN SEJARAH KOPERASI
1. KONSEP KOPERASI
a. Konsep Koperasi Barat .......................................................................... 1
b. Konsep Koperasi Sosialis..................................................................... 2
c. Koperasi Negara Berkembang ............................................................. 2
2. LATAR BELAKANG TIMBULNYA ALIRAN KOPERASI
a. Keterkaitan Ideologi, Sistem perekonomian........................................ 2
b. Aliran koperasi..........................................................................................3
3. SEJARAH PERKEMBANGAN KOPERASI
a. Sejarah Lahirnya Koperasi ................................................................... 4
b. Sejarah Perkembangan Koperasi Di Indonesia ................................ 5
BAB II PENGERTIAN DAN PRINSIP-PRINSIP EKONOMI
1. Pengertian Koperasi
a. Definisi ILO .............................................................................................. 7
b. Definisi Chaniago ................................................................................... 7
c. Definisi Dooren ....................................................................................... 8
d.
|
|
|
|||
|
3. Tujuan dan Nilai Koperasi .................................................................... .... 19
a. Memaksimumkan Keuntungan .................................................... .... 19
b. Memaksimumkan Nilai Perusahaan ........................................... .... 20
c. Meminimumkan Biaya......................................................................... 20
4. Mendefinisikan Tujuan Perusahaan Koperasi....................................... 20
5. Keterbatasan Teori Perusahaan........................................................... .... 21
6. Teori Laba................................................................................................. .... 22
7. Fungsi Laba............................................................................................. .... 23
8. Kegiatan Usaha Koperasi ..................................................................... .... 23
a. Status dan Motif Anggota Koperasi .............................................. .... 23
b. Kegiatan Usaha ............................................................................... .... 23
c. Permodalan Koperasi ..................................................................... .... 24
d. Sisa Hasil Usaha Koperasi ............................................................ .... 24
BAB III ORGANISASI DAN MANAJEMEN
1. BENTUK ORGANISASI .............................................................................. 12
a. Menurut Hanel ...................................................................................... 12
b. Menurut Ropke...................................................................................... 12
c. DiIndonesia ........................................................................................... 13
2. Hirarki Tanggung Jawab........................................................................ .... 14
a. Pengurus .......................................................................................... .... 14
b. Pengelola .......................................................................................... .... 15
c. Pengawas ......................................................................................... .... 16
BAB IV TUJUAN DAN FUNGSI KOPERASI
1. Pengertian Badan Usaha ..................................................................... .... 17
2. Koperasi sebagai Badan Usaha........................................................... .... 17
|
||||
|
3. Tujuan dan Nilai Koperasi .................................................................... .... 19
a. Memaksimumkan Keuntungan .................................................... .... 19
b. Memaksimumkan Nilai Perusahaan ........................................... .... 20
c. Meminimumkan Biaya......................................................................... 20
4. Mendefinisikan Tujuan Perusahaan Koperasi....................................... 20
5. Keterbatasan Teori Perusahaan........................................................... .... 21
6. Teori Laba................................................................................................. .... 22
7. Fungsi Laba............................................................................................. .... 23
8. Kegiatan Usaha Koperasi ..................................................................... .... 23
a. Status dan Motif Anggota Koperasi .............................................. .... 23
b. Kegiatan Usaha ............................................................................... .... 23
c. Permodalan Koperasi ..................................................................... .... 24
d. Sisa Hasil Usaha Koperasi ............................................................ .... 24
BAB V SISA HASIL USAHA
1. Pengertian SHU Informasi dasar ........................................................ .... 25
2. Rumus Pembagian SHU ........................................................................... 25
3. Prinsip-prinsip Pembagian SHU .............................................................. 25
4. Pembagian SHU per anggota .............................................................. .... 26
BAB VI POLA MANAJEMEN KOPERASI
1. Pengertian Manajemen dan Perangkat Organisasi ............................. 33
a. Pengertian Manajemen ....................................................................... 33
b.
|
|
c. Pengertian Manajemen Koperasi ................................................. .... 33
2. Rapat Anggota ............................................................................................. 34
3. Pengurus.................................................................................................. .... 34
4. Pengawas................................................................................................. .... 34
5. Manajer..................................................................................................... .... 35
6. Pendekatan Sistem pada Koperasi........................................................... 35
BAB VII JENIS DAN BENTUK
KOPERASI
1. Jenis Koperasi ............................................................................................. 38
a. Menurut PP No. 60/1959 ..................................................................... 38
b. Menurut Teori Klasik ............................................................................ 41
2. Ketentuan Penjenisan Koperasi sesuai UU No. 12 / 1967 ............ .... 42
3. Bentuk Koperasi .......................................................................................... 42
a. Sesuai PP No. 60/1959 .................................................................. .... 42
b. Sesuai Wilayah Administrasi Pemerintah .................................. 43
c. Koperasi Primer dan Sekunder......................................................
43
BAB VIII PERMODALAN KOPERASI
1. Arti Modal Koperasi ................................................................................ .... 44
2. Sumber Modal .............................................................................................. 44
a. Menurut UU No 12 / 1967 ................................................................... 44
b. Menurut UU No. 25 / 1992 .................................................................. 45
3. Distribusi Cadangan Koperasi ............................................................. .... 46
|
|||
|
BAB IX EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT
DARI SISI ANGGOTA
1. Efek-efek ekonomis koperasi ............................................................... .... 47
2. Efek harga dan efek biaya .................................................................... .... 48
3. Analisis hubungan efek ekonomis dengan keberhasilan
Koperasi ................................................................................................... .... 48
4. Penyajian dan analisis neraca pelayanan ........................................ .... 49
BAB X EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT
DARI SISI PERUSAHAAN
1. Efisiensi Perusahaan
Koperasi .......................................................... .... 50
2. Efektivitas Koperasi ................................................................................ .... 52
3. Produktivitas Koperasi ........................................................................... .... 52
4. Analisis Laporan Koperasi .................................................................... .... 53
BAB XI PERANAN KOPERASI
1. Peranan Koperasi di berbagai keadaan persaingan ............................ 54
a. Di Pasar Persaingan Sempurna ........................................................... 54
b. Monopolistik ........................................................................................... 56
c. Di Pasar Monopsoni .............................................................................. 57
d. Di Pasar Oligopoli ............................................................................. .... 58
|
|||
|
BAB XII PEMBANGUNAN KOPERASI
1. Pembangunan Koperasi di Negara Berkembang ................................... 60
KESIMPULAN DAN
SARAN .................................................................... 65
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................. .... 80
KESIMPULAN dan SARAN
Kesimpulan
BAB
I
KONSEP
ALIRAN DAN SEJARAH KOPERASI
Konsep Koperasi
* Konsep Koperasi Liberal
* Konsep Koperasi Sosialis
* Konsep Koperasi Negara
Berkembang
Aliran Koperasi
* Aliran Yardstick
* Aliran Sosialis
* Aliran Persemakmuran
Sejarah Koperasi
Sejarah singkat gerakan
koperasi bermula pada abad ke-20 yang pada umumnya merupakan hasil dari usaha
yang tidak spontan dan tidak dilakukan oleh orang-orang yang sangat kaya.
Koperasi tumbuh dari kalangan rakyat, ketika penderitaan dalam lapangan ekonomi
dan sosial yang ditimbulkan oleh sistem kapitalisme semakin memuncak. Beberapa
orang yang penghidupannya sederhana dengan kemampuan ekonomi terbatas,
terdorong oleh penderitaan dan beban ekonomi yang sama, secara spontan
mempersatukan diri untuk menolong dirinya sendiri dan manusia sesamanya.
Gerakan koperasi digagas oleh Robert Owen (1771-1858), yang menerapkannya pertama kali pada usaha pemintalan kapas di New Lanark, Skotlandia.
Gerakan koperasi ini dikembangkan lebih lanjut oleh William King (1786–1865) dengan mendirikan toko koperasi di Brighton, Inggris. Pada 1 Mei 1828, King menerbitkan publikasi bulanan yang bernama The Cooperator, yang berisi berbagai gagasan dan saran-saran praktis tentang mengelola toko dengan menggunakan prinsip koperasi.
BAB II
PENGERTIAN DAN PRINSIP-PRINSIP
EKONOMI
1. Demokrasi lahir sejak
zaman Yunani Kuno, tepatnya di Negara kota (polis) Athena pada sekitar tahun
500 SM.
2. Secara etimologis,
demokrasi terdiri atas dua kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata
Demos yang berarti rakyat atau penduduk suatu tempat dan
Cratien atau cratos yang berarti kekuasaan (pemerintahan). Jadi, demokrasi
berarti Suatu Negara yang kekuasaan pemerintahannya dipegang oleh rakyat.
3. Pengertian popular
dari demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
Pengertian ini dikemukakan oleh Abraham Lincoln (mantan Presiden AS) pada tahun
1863.
4. Para pakar
ketatanegaraan dan ahli politik memberikan batasan pengertian demokrasi dari
sudut pandang yang berbeda.
5. Pada dasarnya budaya
demokrasi yang berlaku di dunia ada dua macam yaitu : Demokrasi konstitusional
dan demokrasi proletur.
6. Demokrasi Indonesia
adalah demokrasi pancasila, artinya nilai-nilai demokrasi yang berlaku di
Indonesia mengacu dan berpedoman pada nilai yang terkandung dalam sila-sila
pancasila.
7. Menurut Prof. Dadji Darmodihardjo, S.H. demokrasi
Pancasila adalah paham demokrasi yang bersuber kepada kepribadian dan falsafah
hidup bangsa Indonesia yang perwujudannya seperti dalam ketentuan-ketentuan
Pembukaan UUD 1945.
8. Prinsip demokrasi
Pancasila juga memiliki keterkaitan dengan prinsip budaya demokrasi universal.
Keterkaitan itu dapat terlihat dalam UUD 1945.
9. Unsur-unsur yang
dapat menopang tegaknya demokrasi adalah Negara hokum, masyarakat madani (civil
society) dan infrastruktur politik.
10. Demokratisasi adalah proses mengimplementasi
demokrasi sebagai system politik dalam kehidupan bernegara.
BAB III
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
Bahwa Organisasi merupakan
sekumpulan orang yang bekerjasama dengan pembagian atau alokasi tugas dan tanggung
jawab tertentu dalam system koordinasi dan pengaturan guna memudahkan
pencapaian beberapa tujuan yang telah ditetapkan.
Manajemen adalah merupakan
ilmu dan seni yang mengatur sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya untuk
mencapai suatu tujuan secara bersama-sama pula. Dari segi esensinya bahwa
manajemen adalah pembentukan karakter manusia baru pengelolaan secara
terstruktur. Maka dengan adanya manajemen diharapkan:
1.Agar bisa teratur, sopan dan baik.
2.Agar efektif, dalam arti hasil yang dicapai lebih maksimal
3.Agar efisien ( terkait adanya dana, tenaga, dan waktu }
4.Agar tujuan tercapai.
1.Agar bisa teratur, sopan dan baik.
2.Agar efektif, dalam arti hasil yang dicapai lebih maksimal
3.Agar efisien ( terkait adanya dana, tenaga, dan waktu }
4.Agar tujuan tercapai.
BAB IV
TUJUAN DAN FUNGSI KOPERASI
Koperasi adalah sebuah
badan usaha yang mampu dan dapat menghasilkan keuntungan bagi anggotanya. Dan
dalam sebuah koperasi juga memerlukan suatu manajemen usaha dan sistem
keanggotaannya. Koperasi juga Berorientasi pada profit oriented & benefit
oriented. Bisnis Koperasi adalah sebuah Usaha yang berkaitan langsung dengan
kepentingan anggota untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Lalu dalam
permodalan di dalam koperasi dibagi menjadi 2 yaitu berasal dari modal sendiri
atau modal dari pinjaman.
BAB V
SISA HASIL USAHA
Dengan adanya SHU maka
bagi hasil yg ada di koperasi bisa sesuai dengan apa yg sudah anggota berikan
kepada koperasi tersebut. Dengan mengetahui dan mempelajari bagaimana pembagian
SHU tersebut kita jadi mengerti pembagian SHU yg sesuai dengan aturan yang
telah ditetapkan dalam UU.
BAB VI
POLA MANAJEMEN KOPERASI
Melihat dari uraian-uraian di atas maka
dapat kita tarik beberapa kesimpulan bahwa letak kaitan Unsur-unsur manajemen
dengan alat koperasi adalah sangat berhubungan, dimana setiap bagian dari
fungsi manajemen merupakn suatu roda yang menggerakkan bagian dari alat alat
tersebut. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana peran fungsi manajemen dalam
memberikan kontribusi pada alat kopersai, yaitu:
1.
Planning.
2.
Organizing.
3.
Directing.
4.
Coodinating.
5.
Controlling.
Dan dari kesemua itu angat berpengaruh
untuk alat-alat koperasi, misal :
1.
BPP (Badan Pengawas dan pemeriksa) : sangat memerlukan evaluasi dan
pengawasan, dimana dengan adanya pengawasan serta evaluasi tersebut dapat
membuat koperasi terkendali dengan baik serta memberikan perkembangan bagi
koperasi.
2.
Manajer : Manajer dalam hal ini adalah sebagai penggerakan untuk
bekerja dalam memajukan koperasi, karena peran manajer adalah sebagai
actuating.
3.
Usaha : Dimana usaha koperasi harus ada rapat
anggota, sebab Rapat Anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam
koperasi.Rapat Anggota bertujuan untuk melaksanakan :
·
Anggaran.
·
Kebijaksanaan.
·
Pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Pengurus dan Pengawas.
·
Rencana kerja anggaran pendapatan serta laporan keuangan.
·
Pengesahan pertanggungjawaban Pengurus dalam pelaksanaan tugasnya.
·
Pembagian sisa hasil usaha.
·
Penggabungan, peleburan, pembagian dan pembubaran koperasi.
Jadi, untuk mewujudkan itu semua tentu
harus memiliki planning yang efektif sehingga dapat tercapai point-point diatas
tersebut. Dan pada intinya Alat koperasi ini sangatlah berpengaruh bagi
unsur-unsur manajemen karena manajemen adalah sebuah penggeraknya untuk
mensukseskan koperasi.
BAB VII
JENIS DAN BENTUK KOPERASI
Jenis Koperasi
a. Menurut PP No 60/1959
1. Koperasi Desa
2. Koperasi Pertanian
3. Koperasi Peternakan
4. Koperasi Perikanan
5. Koperasi Kerajinan/Industri
6. Koperasi Simpan Pinjam
7. Koperasi Konsumsi
b. Menurut Teori Klasik
1. Koperasi pemakaian
2. Koperasi penghasil atau
Koperasi produksi
3. Koperasi Simpan Pinjam
Bentuk Koperasi
a. Sesuai PP No 60/1959
1. Koperasi Primer
2. Koperasi Pusat
3. Koperasi Gabungan
4. Koperasi Induk
Dalam hal ini, bentuk Koperasi masih
dikaitkan dengan pembagian wilayah administrasi.
b. Sesuai Wilayah Administrasi Pemerintah
1. Di tiap desa ditumbuhkan Koperasi Desa
2. Di tiap Daerah Tingkat II
ditumbuhkan Pusat Koperasi
3. Di tiap Daerah Tingkat I ditumbuhkan
Gabungan Koperasi
4. Di Ibu Kota ditumbuhkan Induk Koperasi
c. Koperasi Primer dan Sekunder
1. Koperasi Primer merupakan Koperasi yang
anggota-anggotanya terdiri dari orang –orang.
2. Koperasi Sekunder merupakan Koperasi yang anggota-anggotanya adalah organisasi koperasi .
BAB VIII
PERMODALAN KOPERASI
Bahwa umtuk
mendirikan sebuah Koperasi harus memiliki modal. Modal tersebut bisa diperoleh
dari modal sendiri maupun dari modal pinjaman. Modal sendiri disini dikatakan
dalam UU 25 tahun 1992 bisa berupa simpanan
pokok, simpanan wajib,
cadangan dan hibah.
BAB IX
EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI
SISI
ANGGOTA
1.
Efek-Efek Ekonomis Koperasi
Salah satu hubungan penting yang harus
dilakukan koperasi adalah dengan para anggotanya, yang kedudukannya sebagi
pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi. Motivasi ekonomi anggota sebagi
pemilik akan mempersoalkan dana (simpanan-simpanan) yang telah di
serahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai
pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang-jasa,
menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual/pembeli di luar
koperasi.
Pada dasarnya setiap anggota akan
berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi :
1.Jika kegiatan tersebut sesuai dengan
kebutuhannya
2. Jika pelayanan itu di tawarkan dengan
harga, mutu atau syarat-syarat yang lebih menguntungkan di banding yang di
perolehnya dari pihak-pihak lain di luar koperasi.
2.
Efek Harga dan Efek Biaya
Partisipasi anggota menentukan
keberhasilan koperasi. Sedangkan tingkat partisipasi anggota di pengaruhi
oleh beberapa faktor diantaranya : Besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi
secara utilitarian maupun normatif. Motivasi utilitarian sejalan dengan
kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan ekonomis yang di maksud adalah insentif
berupa pelayanan barang-jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien, atau adanya
pengurangan biaya dan atau di perolehnya harga menguntungkan serta penerimaan
bagian dari keuntungan (SHU) baik secara tunai maupun dalam bentuk barang.
Bila dilihat dari peranan anggota dalam
koperasi yang begitu dominan, maka setiap harga yang ditetapkan koperasi harus
di bedakan antara harga untuk anggota dengan harga untuk non anggota. Perbedaan
ini mengharuskan daya analisis yang lebih tajam dalam melihat peranan
koperasi dalam pasar yang bersaing.
3.
Analisis Hubungan Efek Ekonomis dan Keberhasilan koperasi
Dalam badan usaha koperasi, laba (profit)
bukanlah satu-satunya yang di kejar oleh manajemen, melainkan juga aspek pelayanan
(benefit oriented). Di tinjau dari konsep koperasi, fungsi laba bagi koperasi
tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan
koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya semakin tinggi
manfaat yang di terima oleh anggota. Keberhasilan koperasi di tentukan
oleh salah satu faktornya adalah partisipasi anggota dan partispasi anggota
sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang di
dapat oleh anggota tsb.
4.
Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan
Di sebabkan oleh perubahan kebutuhan dari
para anggota dan perubahan lingkungan koperasi, terutama tantangantantangan
kompetitif, pelayanan koperasi terhadap anggota harus secara kontinu di
sesuaikan.
Ada dua faktor utama yang mengharuskan
koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya.
1. Adanya tekanan persaingan dari
organisasi lain (terutama organisasi non koperasi).
2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai
akibat perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan ini akan menentukan
pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang di tawarkan oleh
koperasi.
Bila koperasi mampu memberikan pelayanan
yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari pada
pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasinya akan
meningkat. Untuk meningkatkan pelayanan, koperasi memerlukan
informasi-informasi yang dating terutama dari anggota koperasi.
BAB X
EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI
DILIHAT DARI SISI PERUSAHAAN
Pertumbuhan perusahaan koperasi
dapat dicpai melalui pertumbuhan kegiatan usaha ekonomi para anggotanya,
peningkatan intentitas hubungan bisnis yang dilakukan dengan para anggotanya,
peningkatan jumlah anggota dan peningkatan usaha yang dilakukan dengan bukan
anggota. Laporan keuangan koperasi selain merupakan bagian dari sistem
pelaporan keuangan koperasi, juga merupakan bagian dari laporan
pertanggungjawaban pengurus tentang tata kehidupan koperasi. Dilihat dari
fungsi manajemen, laporan keuangan sekaligus dapat dijadikan sebagai salah satu
alat evaluasi kemajuan koperasi. Laporan keuangan koperasi pada dasarnya tidak
berbeda dengan laporan keuangan yang di buat oleh badan usaha lain.
BAB XI
PERANAN KOPERASI
Kedudukkan koperasi sebagai salah satu
sektor ekonomi nasional diarahkan pada berbagai tujuan, baik tujuan khusus
maupun tujuan umum. Peranan Koperasi dalam perekonomian nasional adalah sebagai
berikut :
·
Membantu meningkatkan penghasilan dan kemakmuran anggota khususnya dan
masyarakat umumnya.
·
Membantu meningkatkan kemampuan usaha,
baik perorangan maupun masyarakat
·
Membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan.
·
Membantu usaha meningkatkan taraf hidup masyarakat.
·
Menyelanggarakan kehidupan ekonomi secara demokratis.
·
Membantu pembangunan dan pengembangan potensi ekonomi anggota khususnya dan
masyarakat umumnya.
·
Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan
perekonomian nasional.
Di dalam koperasi memiliki berbagai kelebihan
seperti :
1. Bersifat terbuka dan sukarela.
2. Besarnya simpanan pokok dan simpanan wajib
tidak memberatkan anggota.
3. Setiap anggota memiliki hak suara yang
sama, bukan berdasarkan besarnya modal
4. Bertujuan meningkatkan kesejahteraan
anggota dan bukan sematamata mencari keuntungan
Di dalam koperasi juga memiliki berbagai kelemahan seperti :
1. Koperasi sulit berkembang karena modal
terbatas.
2. Kurang cakapnya pengurus dalam mengelola
koperasi.
3. Pengurus kadang-kadang tidak jujur.
4. Kurangnya kerja sama antara pengurus,
pengawas dan anggotanya.
BAB XII
PEMBANGUNAN KOPERASI
- Langkah kerjasama dalam bentuk kemitraan usaha merupakan suatu strategi untuk dapat mengembangkan usaha koperasi dan secara moril kerjasama ini sangat diperlukan adanya dukungan yang maksimal dari pihak pengusaha besar melalui paket pembinaan.
- Alternatif pemberdayaan koperasi di daerah adalah melalui konsep mekanisme kerjasama atau keterkaitan dengan perusahaan besar dalam bentuk kemitraan usaha. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mempersempit kesenjangan yang terjadi antara usaha kecil menengah yang sebagian besar memayungi masyarakat miskin dengan BUMN dan BUMS.
- Dalam pembangunan koperasi untuk percepatan ekonomi daerah, sangat perlu adanya kemitraan. Kemitraan yang dimaksud adalah dalam bentuk partisipasi dari semua unsure yang terkait untuk pengembangan koperasi. Pembangunan koperasi didasari oleh adanya potensi di daerah yang dapat mendukung berjalannya koperasi, antara lain: masyarakat, pengusaha (kecil dan menengah), industri rumah tangga, dan untuk daerah pedesaan adanya masyarakat petani.
Saran
Pada
pembahasan ini menjelaskan pengertian koperasi dari berbagai pandangan para
ahli dan dari undang-undang koperasi itu sendiri, termasuk juga prinsip-prinsip
dan asas koperasi. Dengan demikian diharapkan mahasiswa khususnya dan
masyarakat pada umumnya menjadi paham tentang bagaimana melakukan kegiatan
usaha dengan berkoperasi, dan dapat membandingkan dengan kegiatan usaha yang
bukan koperasi.
Demikianlah
makalah ini penulis buat, semoga apa yang disajikan memberikan ilmu dan
informasi. Selanjutnya kesempurnaan makalah ini penulis mohon saran dan kritik
guna memperbaiki kesalahan dikemudian hari.
|
|||
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar